Tips Membuat Komputer Aman dari Virus

Sunday, April 7, 2013


Kali ini saya mencoba menulis artikel mengenai Tips Membuat Komputer Aman dari Virus. Dikarenakan banyaknya orang-orang yang kurang waspada terhadap virus yang dapat mencuri data-data penting dari komputer orang tersebut.

Berikut Tips bagi anda yang ingin membuat komputer anda aman dari serangan virus-virus yang membahayakan komputer maupun data-data penting di komputer anda :

1. Gunakan antivirus yang selalu di update atau up to date demi menangkal virus-virus jenis baru yang kerap kali muncul di dunia maya(bagi anda yang sering maupun jarang menggunakan komputer yang terhubung dengan internet).
2. Hindari tidak men-scan flashdisk yang di hubungkan dengan komputer anda. Karena di Indonesia ini sangat jarang orang yang membiasakan diri untuk scan flashdisk atau media tambahan, dikarenakan harus menunggu proses scan selesai cukup lama.
3. Gunakan antivirus yang bukan bajakan, atau yang menggunakan lisensi buatan orang atau crack dan sejenisnya. Jika anda tidak mampu membelinya silahkan menggunakan antivirus free yang cukup profesional dalam hal menangani virus-virus.
4. Jangan buka folder spam pada email anda, namun jika anda percaya bahwa ada atau terdapat email penting yang masuk spam dan itu anda percayai bukan merupakan spam silahkan anda buka jika dirasa perlu. Waspada terhadap email spam sangatlah diperlukan, karena email spam seringkali dapat mencuri data-data anda.


Saya sendiri menyarankan anda untuk menggunakan antivirus Avast. Karena Avast memiliki sistem yang cukup unik dalam menangani virus. Berikut ini adalah kelebihan dari Avast :
1. Avast selalu update database setiap hari, dan anda dapat men-setting agar Avast update secara otomatis. Jadi anda tidak perlu repot untuk meng-update atau mengira-ngira kapan anda harus meng-update antivirus.
2. Avast dapat mem-blok situs-situs yang mengandung unsur malware atau virus yang berbahaya.
3. Avast memiliki proteksi tambahan terhadap file system, mail, jaringan, web, p2p, im, perilaku, dan skrip.
4. Avast akan memproteksi setiap flashdisk yang anda hubungkan pada komputer anda. Namun untuk lebih amannya anda seharusnya men-scan flashdisk tersebut, karena proses scan Avast terbilang sangat cepat(tergantung memori dan kecepatan prosessor).
5. Anda dapat terhubung dengan akun Avast anda. Yang memungkinkan anda untuk berbagi pada forum Avast atau untuk mendapatkan informasi dan bantuan atau yang lainnya.
6. Yang paling penting dari itu semua adalah anda mendapatkan antivirus canggih yang tidak memerlukan biaya sepeserpun.

Berikut ini tampilan Avast :


Jika anda tertarik untuk menggunakan Avast silahkan download di sini.

Mungkin hanya itu saja yang dapat sampaikan pada artikel kali ini. Semoga artikel kali ini bermanfaat bagi anda semua.

0 komentar:

Post a Comment